Rabu, 15 Juni 2011

Empat Jenis Pelaku Usaha Jasa Cargo

Usaha Jasa cargo menurut saya tidak berbeda jauh dengan usaha jasa lain pada umumnya. perbedannya hanya pada produk jasa/layanannya. untuk bisa membuka usaha jasa cargo sepertinya tidak terlalu sulit, seperti yang kita bayangkan. misalnya untuk membuka usaha jasa Cargo udara kita tidak mesti memiliki pesawat sendiri untuk mengirimkan barang dan dokumen pelanggan ke tujuan. Begitupun dengan cargo darat dan laut.

Berikut ini, ada Empat Jenis pelaku usaha Jasa Cargo:


1. Freelance Marketing 

Pelaku usaha Cargo jenis freelance marketing ini adalah individu yang memiliki kelihaian dalam mencari   pelanggan dan tidak terikat dengan hanya satu perusahaan cargo. Dia bisa menggunakan sebanyak mungkin Cargo yang ada sesuai dengan margin yang dia inginkan. tidak mudah untuk menjadi freelance marketing cargo, butuh kepercayaan dan tanggung jawab yang besar. namun patut di perhatikan karena banyak sudah yang dulunya hanya menjadi seorang freelance marketing cargo kini sudah memiliki perusahaan Jasa cargo sendiri.


2. Perusahaan cargo yang tidak memiliki armada

jenis ini banyak jumlahnya, dan tidak jauh berbeda dengan yang pertama. perbedaannya hanya pada individu dan perusahaan, untuk yang kedua ini dia berupa perusahaan PT/CV, core bisnisnya adalah mencari pelangggan sebanyak-banyaknya dan menigrimkannya melalui perusahaan cargo lain yang memiliki armada sendiri. dan bebas memilih cargo yang sesuai dengan margin yang diinginkan. sedikit lebih profesional dan layanan yang lebih baik dari jenis yang pertama.


3. Perusahaan cargo yang bekerja sama dengan pemilik Armada

untuk jenis yang keetiga ini jumlahnya lebih sedikit dari yang jenis yang kedua, karena selain memilki perusahaan Cargo dia juga memiliki armada pengangkutan yang dikelola sendiri. namun peilik armada tersebut adalah orang atau peruasahaan yang bekerja sama dengannya. hingga ada dua perusahaan dalam jenis ini yang mengelola Usaha cargo, yang satu peimilik perusahaan Cargo yang menyediakan barang dan yang satu pemilik kendaraan yang mengangkut dan mengirimkan barang kedaerah tujuan. namun pengelolaan umunya diserahkan kepada perusahaan cargo bukan pada pemilik kendaraan.


4. Perusahaan cargo yang memiliki armada dan kantor perwakilan di daerah sendiri.

Indah cargo adalah salah satu perusahaan jenis ke empat ini, yang memiliki armada dan kantor perwakilan sendiri di daerah tujuan untuk wilayah sumatera-jakarta-jawa. dengan lebih dari seratus unit armada mulai dari armada pick up dan pengantaran dalam kota hingga armada pengiriman ke daerah tujuan luar kota. jenis ke empat ini terbilang sedikit. hanya perusahaan yang berani dan mampu ekspanslah yang bisa seperti ini. selain Inventasi yang besar juga butuh keyakinan yang kuat akan usaha cargo ini. semakin besar perusahaan cargo semakin besar pula SDM yang di rekrut, karenanya harus didukung oleh struktur organisasi yang baik dan kuat. 


demikian empat jenis pelaku usaha jasa cargo yang dapat kita ketahui bersama. jika kita berminat membuka usaha jasa cargo setidaknya kita bisa memilih dari keempat jenis ini.


Selamat berbisnis, semoga Allah SWT memberkahi bisnis dan rezeki kita. Amin


Hendriko
www.indahyatama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar